Ciri – Ciri Orang Rentan Penyakit TBC

Ciri - Ciri Orang Rentan Penyakit

Ciri – Ciri Orang Rentan Penyakit TBC – TBC termasuk dalam 10 besar penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Bahkan berdasarkan data WHO tahun 2019, diketahui bahwa Indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru penyakit TBC terbanyak.

Penelitian baru menyebutkan bahwa orang kidal yang berwajah tirus cenderung berisiko lebih tinggi terkena TBC. Kenapa bisa begitu? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Berwajah Tirus, Ciri – Ciri Orang Rentan Penyakit TBC

Tuberkulosis (TB atau TBC) adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Siapapun bisa terkena TBC karena bakteri ini menyebar melalui udara, ketika penderita batuk atau bersin tidak ditutup.

Sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal Laterality: Asymmetries of Body, Brain and Cognition, menyatakan bahwa orang kidal yang memiliki wajah tirus lebih berisiko tinggi untuk terinfeksi TBC.

Fakta ini terungkap dalam sebuah survei yang dilakukan dilakukan oleh para peneliti dari University of Washington dengan melibatkan lebih dari 13 ribu orang di Washington, Amerika Serikat. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang bertangan kiri cenderung memiliki bentuk rahang yang sempit dan berisiko tinggi terinfeksi TBC.

Orang yang memiliki rahang sempit (tampak berwajah tirus) cenderung memiliki struktur gigi tinggi gigit, alias overbite. Overbite adalah kelainan bentuk rahang yang terjadi ketika barisan gigi depan atas lebih menonjol daripada gigi depan bawah.

Struktur rahang ini memungkinkan orang tersebut lebih sering bernapas lewat mulut, selain dari hidung. Dua jalur napas ini dilaporkan meningkatkan risiko penularan TBC dibandingkan orang yang memiliki struktur rahang yang normal.

Lalu, apa hubungannya dengan tangan kiri? Beberapa penelitian menemukan bahwa beberapa daerah di dunia yang memiliki populasi orang kidal berwajah tirus cukup tinggi juga dilaporkan sebagai daerah yang rentan epidemi TBC. Misalnya di Inggris Raya. Sementara itu, orang-orang Eskimo digambarkan sebagai populasi yang kebal TBC karena memiliki karakteristik fisik yang besar dan “kokoh”, serta menunjukkan dominasi tangan kanan untuk beraktivitas.

Yang tidak kalah mengejutkan ternyata hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh seorang dokter Yunani selama lebih dari 2 ribu tahun lalu. Dokter tersebut menemukan bahwa ada kaitannya antara pemilik rahang sempit dengan risiko TBC. Meski begitu, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk menemukan bukti lain yang lebih akurat.

Penyakit TBC bisa dicegah dengan mudah

Bukan berarti setiap orang kidal dan yang berwajah tirus akan otomatis terinfeksi penyakit TBC.

TBC disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang menyebar melalui udara. Bakteri ini dapat terhirup orang yang sehat jika terjadi kontak dengan penderita tuberculosis atau melalui udara yang sudah dicemari penyakit TBC melalui batuk. Selain itu, risiko Anda terinfeksi TB bisa meningkat jika anda memiliki sistem imun yang lemah. Misalnya karena penyakit kronis tertentu, seperti HIV/ AIDS, diabetes, penyakit ginjal stadium akhir, atau kanker.

Terlepas dari apa pun faktor risiko Anda, infeksi penyakit TBC bisa dicegah dengan perubahan gaya hidup sederhana, seperti:

  • Rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir setelah melakukan aktivitas.
  • Tidak meludah dan membuang dahak sembarangan.
  • Pastikan jika rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mencegah bakteri berdiam dalam ruangan.

Bagi Anda yang sudah terdiagnosis TBC, jangan lupa selalu kenakan masker saat berada di tempat ramai untuk menghindari penyebaran kuman pada orang yang sehat. Tutup mulut dengan tisu atau sapu tangan ketika bersin atau batuk. Hal ini pun juga berlaku bagi orang yang sehat untuk mengenakan masker setiap kali melakukan interaksi dengan pengidap TBC. Jangan lupa juga untuk rutin minum obat TBC dan berkonsultasi ke dokter untuk mengendalikan gejalanya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *