Apakah Efek Sterilisasi Vasektomi Dapat Dibatalkan

Apakah Efek Sterilisasi Vasektomi Dapat Dibatalkan

Efek Sterilisasi Vasektomi – Vasektomi adalah pilihan kontrasepsi yang paling diandalkan untuk pria. Metode KB khusus pria ini terbukti 99% efektif mencegah kehamilan. Artinya, hanya kurang dari 1 dari 100 wanita yang kebobolan hamil setelah satu tahun pria “disterilkan”. Namun jika ke depannya Anda berubah pikiran, apakah efek sterilisasi permanen dari vasektomi dapat dibatalkan agar Anda dan pasangan bisa kembali mencoba punya anak.

Sekilas tentang prosedur Vasektomi adalah proses pemotongan atau pemblokiran saluran vas deferens. Vas deferens adalah sebuah saluran berbentuk tabung kecil di dalam buah zakar (skrotum) yang bertugas membawa sperma dari testis menuju penis. Prosedur ini juga disebut dengan sterilisasi.

Ada dua cara yang tersedia untuk melakukan sterilisasi, yaitu dengan atau tanpa pisau bedah. Pada cara kovensional, dokter bedah akan membuat dua buah sayatan pada bagian atas masing-masing buah skrotum dan bagian bawah penis. Setelahnya dokter akan mengangkat, mengikat, atau menyumbat vas deferens lewat katerisasi. Bekas sayatan kemudian akan dijahit.

Apabila Anda memilih jalur tanpa pisau bedah, dokter pertama-tama akan menggunakan penjepit kecil untuk menahan saluran yang akan dipotong kemudian membuat lubang kecil pada kulit skrotum dan memotong sebagian saluran sebelum mengikatnya.

Vasektomi akan menutup akses sperma untuk mengalir bercampur bersama air mani. Itu kenapa pria yang sudah steril sangat tipis kemungkinannya untuk bisa membuahi sel telur wanita karena air mani mereka tidak lagi mengandung sperma.

Efek sterilisasi ini sebenarnya permanen. Namun, hampir sebagian besar kasusnya dapat dikembalikan seperti semula; dengan cara yang lebih rumit daripada tindakan vasektomi awal.

Kembali Subur Bisa Jalani Vasektomi Reversal Tindakkan Vasektomi

Vasektomi reversal adalah prosedur untuk membalikkan atau membatalkan tindakan vasektomi sewaktu dulu.Untuk melakukannya, dokter bedah harus kembali ke lokasi potongan semula dan menyatukan kembali dua bagian saluran vas deferens yang dipotong menggunakan benang jahit yang sangat halus. Bahkan lebih tipis dari rambut manusia. Saking tipisnya, dokter akan melakukan penjahitan ini lewat mikroskop khusus yang dapat membuat semuanya terlihat menjadi 25 kali lebih besar.

Teorinya terdengar mudah, tapi pada kenyataannya kadang jauh lebih rumit dari itu. Sebagai contoh bila bagian saluran vas deferens yang dibuang cukup banyak waktu vasektomi pertama dulu, maka akan lebih sulit untuk meregangkan dua ujung saluran tersebut untuk dijahit agar menutup celah yang ada.

Prosedur ini juga akan jadi lebih rumit apabila dokter menemukan penumpukan cairan yang menyumbat di area buntu bekas tempat pemotongan. Jika dokter tidak dapat membuang sumbatan tersebut, maka dokter harus menggabungkan vas deferens ke saluran sperma yang berbeda dan mengubah rute jalur ejakulasi Anda. Dengan kata lain, kedua bagian vas deferens tidak dapat digabungkan pada tempat awal saluran tersebut dipotong.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *