Kandungan Skin Care yang Bikin Kulit Makin Berminyak

Kandungan Skin Care

Kandungan Skin Care – Tak seperti kulit normal, merawat kulit berminyak membutuhkan strategi khusus. Pasalnya, Anda perlu berhati-hati dan teliti dalam memilih produk perawatan kulit. Direktur Bedah Kosmetik dan Penelitian Klinis di Mount Sinai, New York, dr. Joshua Zeichner menyatakan bahwa memakai produk perawatan kulit yang tidak tepat pada kulit berminyak justru bisa menyebabkan iritasi atau memunculkan jerawat. Untuk itu, ada berbagai bahan dalam produk perawatan kulit yang sebaiknya dihindari bila memiliki kulit berminyak.

Beberapa kandungan skin care yang harus di hindari

Sebelum membeli produk perawatan kulit tertentu, ada baiknya untuk membaca dan melihat dengan jelas bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Berikut berbagai kandungan bahan yang perlu dihindari saat Anda memiliki kulit berminyak:

  • Minyak mineral

Minyak mineral adalah turunan dari petroleum atau bahan bakar fosil yang biasa disebut dengan minyak bumi. Minyak ini memiliki nama lain yaitu paraffin oil atau petroleum oil. Sementara itu, pertolatum atau petroleum jelly adalah turunan mineral oil yang memiliki struktur lebih padat seperti lilin.

  • Alkohol

Produk berbahan dasar alkohol seperti toner memang dapat menghilangkan kelebihan minyak di kulit wajah. Namun, produk ini juga terkadang bisa membuat kulit menjadi sangat kering. Akibatnya, kelenjar minyak bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak minyak agar kulit tetap lembut.

  • Coconut Oil

Coconut Oil (Minyak kelapa) memang memiliki banyak manfaat, tetapi tidak untuk kulit berminyak. Pasalnya, minyak kelapa termasuk salah satu bahan yang sangat komedogenik. Artinya, minyak kelapa mampu menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan komedo yang bisa berujung jerawat. Untuk itu, sebaiknya hindari produk perawatan kulit wajah yang mengandung minyak kelapa.

  • Silikon

Silikon banyak digunakan pada produk-produk makeup seperti bedak atau foundation. Sayangnya, produk yang mengandung silikon hanya mempercantik riasan Anda saja. Sebaliknya, silikon bisa menutup dan menyumbat pori-pori di wajah Anda.

  • Paraben

Paraben adalah bahan yang banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan dan kecantikan. Penggunaan senyawa kimia yang satu ini juga pada dasarnya telah disetujui oleh Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat (yang setara dengan BPOM di Indonesia) untuk digunakan dalam sampo, produk perawatan kulit, hingga pewarna rambut.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *