Penyebab Kolesterol Tinggi Walaupun Sudah Olahraga dan Makan Sehat

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi – Berolahraga rutin dan menjalani pola makan bergizi seimbang merupakan dua faktor penting yang membantu Anda menjaga kolesterol tetap normal. Namun, ada sebagian orang yang tetap memiliki kolesterol tinggi walaupun telah menjalani gaya hidup sehat dan rutin melakukan olahraga.

Kondisi ini tidak serta-merta menandakan bahwa gaya hidup sehat yang Anda jalani keliru. Pasalnya, kadar kolesterol yang tinggi bisa disebabkan oleh faktor lain di luar gaya hidup.

Penyebab kolesterol tinggi walaupun telah hidup sehat

Berikut adalah sederet faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi walaupun Anda telah berolahraga dan mengatur pola makan:

  • Memiliki familial hypercholesterolemia (FH)
    Familial hypercholesterolemia (FH) merupakan kondisi tingginya kolesterol darah yang disebabkan oleh kecacatan pada kromosom 19. Kondisi ini bersifat genetik dan dapat diwariskan dari orangtua ke anak.
  • Menghindari makanan berkolesterol, tapi tetap mengonsumsi lemak jahat
    Meski telah hidup sehat, Anda bisa saja memiliki kadar kolesterol yang tinggi akibat makan makanan kaya Lemak Jenuh dan lemak trans.
  • Mengonsumsi margarin padat untuk menggantikan mentega
    Berbeda dengan mentega yang dibuat dari susu sapi, margarin dibuat dari campuran minyak nabati dan air. Inilah sebabnya banyak yang beranggapan bahwa margarin lebih rendah kolesterol dibandingkan mentega.
  • Tidak mengonsumsi obat penurun kolesterol
    Pada beberapa orang, hidup sehat dan olahraga tidak cukup untuk mencegah kolesterol tinggi.
  • Terlalu membatasi konsumsi makanan berkolesterol
    Meski kerap dipandang negatif, nyatanya tubuh membutuhkan kolesterol. Tubuh mendapatkan kolesterol dari dua sumber, yakni dengan membuatnya sendiri di hati serta dari makanan yang dikonsumsi.

Saat asupan kolesterol menurun, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak kolesterol untuk mencukupi kebutuhannya.

Oleh sebab itu, terlalu membatasi konsumsi makanan berkolesterol justru dapat mengakibatkan kolesterol Anda melonjak tinggi sekalipun telah hidup sehat atau sekalipun sering melakukan berolahraga.

Meski demikian, bukan berarti Anda boleh mengabaikan gaya hidup sehat dan olahraga rutin. Keduanya tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan risiko penyakit akibat kadar kolesterol yang tidak terkendali.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *